Sukses

Parenting

Apakah Imunisasi BCG Itu? (I)

Ketika anak Bunda baru lahir, biasanya anak perlu diberi imunisasi BCG. Apa sih sebenarnya imunisasi BCG itu?

- Pengertian Imunisasi BCG
Imunisasi BCG adalah pengebalan dan pengimunan tubuh menggunakan vaksin BCG. Seperti dilansir dari cdc.gov, vaksin BCG adalah vaksin yang berguna untuk melawan penyakit TBC atau tuberkulosis.

Vaksin BCG ini berasal dari turunan sebuah bakteri bernama Mycobacterium Bovis yang dilemahkan. Jadi, bakteri yang ada di dalam vaksin BCG itu masih hidup lho Bunda. Biasanya, bakteri tersebut disubkulturkan pada kultur medium Middlebrook 7H9.

- Cara Kerja Vaksin BCG
Seperti dijelaskan di atas, bakteri disubkulturkan pada sebuah medium. Seperti dilansir dari en.wikipedia.org, saat bakteri berada di medium tersebut, bakteri mengalami evolusi agar dapat menyerap nutrisi lebih banyak.

Karena dia berevolusi, dia menjadi sulit beradaptasi di lingkungannya yang sebelumnya yaitu darah manusia. Karena dia sulit beradaptasi, bakteri tersebut aman dan tidak berbahaya saat disuntikkan ke tubuh manusia.

Kemudian Bunda, bakteri yang disuntikkan tersebut akan memperkuat sistem imun tubuh. Kok bisa begitu?

Penjelasan mudahnya seperti ini Bunda, kalau tubuh diserang oleh bakteri yang kuat, tubuh akan sakit karena sistem imunnya masih lemah. Namun, kalau tubuh diserang oleh bakteri yang lemah atau dilemahkan, imun dalam tubuh manusia akan terlatih untuk menghadapi bakteri yang dilemahkan tersebut, dan akhirnya tubuh menjadi lebih kuat.

Masih ada informasi-informasi lain seputar imunisasi BCG, simak terus ya Bun!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading