Sukses

Parenting

Apa Dampaknya Hukuman Fisik dalam Mendidik Disiplin Anak? (III)

Di artikel sebelumnya sudah diulas alasan pertama memberi hukuman fisik pada anak tidak efektif dalam mendidik disiplin anak. Masih ada alasan lain mengapa menghukum menggunakan hukuman fisik itu tidak baik bagi anak.

Seperti dilansir dari laman pubs.ext.vt.edu, alasan kedua menghukum fisik tidak efektif untuk mendidik disiplin anak adalah karena cara menghukum seperti ini tidak bisa dilakukan kepada anak yang sudah besar.

Kalau anak sudah sama tingginya dan sama kuatnya seperti Bunda, apa Bunda berani memberi dia hukuman fisik? Pasti tidak, bukan? Akhirnya mau tidak mau orang tua harus menggunakan cara lain dalam mendidik disiplin anak.

Kemudian, alasan ketiga mengapa menghukum fisik tidak efektif adalah karena menghukum fisik berfokus pada anak, bukan berfokus pada perilaku buruk si anak. Hukuman fisik mengubah jalan pikir anak untuk berperilaku baik hanya saat anak berada di dekat orang tua.

Dia patuh saat berada di dekat orang tua karena takut. Apabila dia tidak berada di jangkauan mata orang tua, dia akan bersikap nakal lagi.

Pada akhirnya, orang tua hanya akan memberi motivasi yang keliru pada anak. Berperilaku baik karena takut dihukum, bukan berperilaku baik karena keinginannya sendiri untuk dapat bermanfaat bagi orang lain.

Apa alasan orang tua memberi hukuman fisik pada anak? Simak di artikel berikutnya ya Bun!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading