Sukses

Parenting

Tips Membuat Si Kecil Bersemangat Melakukan Pendidikan Luar Sekolah (Part 1)

Walaupun memang pada usia 3-5 tahun si kecil sudah dapat mengikuti pendidikan luar sekolah, bukan berarti proses pendidikannya akan berjalan dengan mulus. Biasanya Bunda akan menghadapi beberapa kendala, contohnya saja si kecil yang tiba-tiba tidak bersemangat ke sekolah.

Jika si kecil berangkat ke sekolah dengan senyum dan wajah yang selalu ceria, Bunda bisa memastikan bahwa ia menyukai sekolahnya. Namun bagaimana jika si kecil tidak menunjukkan raut wajah yang sedih setiap pulang sekolah?

Jika Bunda mendapati hal tersebut, Bunda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini yang dapat membuat si kecil menjadi bersemangat dengan sekolahnya:

- Berbicaralah tentang Sekolahnya
Komunikasi adalah kunci. Cobalah luangkan waktu sebentar untuk membicarakan kendala yang ia hadapi di sekolahnya. Waktu yang tepat untuk memulai pembicaraan dengan si kecil adalah saat sedang bersantai. Hindari berbicara langsung ketika si kecil baru pulang sekolah.

- Tanyakan Pertanyaan Secara Detail
Mungkin biasanya Bunda hanya menanyakan tentang sekolah dengan pertanyaan-pertanyaan yang general, dan karena itu si kecil akan menjawabnya dengan general pula. Untuk itu, mulailah untuk memberikan pertanyaan yang lebih detail, contohnya “apa yang kamu lakukan saat istirahat?” atau “apa yang kamu suka dari sekolahmu hari ini?”

- Datang ke Sekolahnya
Walaupun Bunda mungkin sibuk, Bunda mungkin bisa menyempatkan diri untuk datang ke sekolahnya minimal satu kali dalam sebulan. Si kecil akan sangat senang jika Bunda datang ke sekolah untuk dirinya.

Oleh: Ratna K.D

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading