Sukses

Parenting

Cara Membuat Si Kecil Usia 3-5 Tahun Siap Untuk Memulai Pendidikan Luar Sekolah

Pendidikan luar sekolah untuk anak usia 3-5 tahun lebih akrab disebut dengan PAUD (pendidikan anak usia dini). Kesadaran orangtua akan pentingnya memberikan pendidikan, tak terkecuali pada anak usia 3-5 tahun sudah semakin meningkat. Terbukti dari semakin banyaknya perkembangan PAUD di Indonesia.

Namun, mempersiapkan si kecil untuk memulai pendidikan pertamanya bukanlah suatu hal yang mudah. Mungkin Bunda akan mengalami beberapa kesulitan. Tapi, Bunda tak perlu cemas berlebih karena ada berbagai macam cara yang bisa Bunda lakukan untuk mempersiapkan si kecil bersekolah.

Berikut cara-cara menyiapkan si kecil untuk mulai bersekolah yang berhasil dirangkum dari laman parenting.com:

- Bunda bisa mulai berbicara mengenai sekolah pada si kecil. Bunda bisa membicarakan tentang teman-teman yang akan ia jumpai, pelajaran, dan juga aktivitas yang menyenangkan. Dengan membicarakan hal-hal tersebut, ia akan mulai tertarik dengan sekolah.

- Ajari si kecil tentang identitasnya seperti nama lengkap, alamat, dan no telepon. Ini perlu Bunda ajarkan untuk menghindari si kecil dari rasa canggung ketika ia harus berkenalan di sekolah nantinya.

- Jika Bunda sibuk, mempersiapkan pengasuh yang akan menjemput si kecil ketika Bunda sedang tidak dapat menjemputnya merupakan hal yang sangat tepat. Hal ini juga bergunauntuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Bunda harus memperkenalkanpengasuh tersebut pada si kecil dan juga gurunya.

Oleh: Ratna K.D

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading