Sukses

Parenting

Alasan Si Kecil Tak Menyukai Pendidikan Luar Sekolah (Part 2)

Pendidikan luar sekolah yang sedang dijalani si kecil mungkin tidak selalu berjalan mulus seperti apa yang Bunda bayangkan. Si kecil bisa saja tiba-tiba menjadi enggan bersekolah karena alasan tertentu. Jika hal ini terjadi padanya, Bunda tak perlu terlalu pusing memikirkan hal tersebut.

Yang perlu Bunda cari tau adalah faktor yang menyebabkan si kecil enggan bersekolah. Laman parenting.com pernah melansir bahwa lingkungan sosial merupakan salah satu penyebab yang paling sering. Bisa saja si kecil mengalami permasalahan dengan teman sekolahnya dan menyebabkan rasa ketertarikannya terhadap sekolah berkurang.

Bagi anak berusia 3-5 tahun bersosialisasi bukanlah suatu hal yang bisa dianggap enteng. Karena bergaul dengan teman sebayanya merupakan hal yang baru bagi mereka, sering sekali terjadi kendala-kendala dalam bersosilisasi, contohnya saja terjadi pertengkaran antara si kecil dengan temannya. Jika hal ini sudah terjadi, peran orangtua menjadi suatu yang terpenting. Bunda dan si kecil harus bisa memiliki hubungan yang dekat.

Ketika Bunda dan buah hati memiliki hubungan yang dekat, si kecil akan mulai bercerita tentang apa saja yang ia alami. Nah, saat itu, Bunda bisa menyarankan pada si kecil bebapa hal yang harus ia lakukan. Jika ternyata cara ini tidak berhasil, luangkanlah waktu Anda untuk menemui guru sekolah si kecil.

Guru mungkin yang lebih tau mengenai segala hal yang terjadi di dalam kelas. Biasanya guru akan merespon dengan memberikan beberapa motivasi untuk si kecil. Dengan motivasi tersebut, si kecil akan merasa bersemangat. Ia juga akan merasa lebih nyaman berada di kelas.

Oleh : Ratna K.D

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading