Sukses

Parenting

Alasan Si Kecil Tak Menyukai Pendidikan Luar Sekolah (Part 1)

Bunda tentunya menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya, termasuk dengan urusan pendidikan. Namun sayangnya, terkadang apa yang dipikirkan oleh Bunda kerap berbeda dengan keinginan si kecil. Beberapa anak tak menyukai mendapatkan pendidikan luar sekolah, dan tentunya hal tersebut dapat membuat Bunda menjadi khawatir.

Ketika Bunda menghadapi hal tersebut, jangan buru-buru marah pada si kecil dan memaksanya untuk bersekolah. Bunda bisa menelaah terlebih dahulu alasan-alasan mengapa si kecil tak mau bersekolah. Mungkin, salah satu alasan mengapa si kecil tak mau bersekolah adalah karena ia merasa bosan dengan kegiatan di sekolahnya

Pada usia 3-5 tahun si kecil masih sangat suka bermain. Namun sayangnya, akhir-akhir ini, banyak PAUD atau TK yang salah kaprah dalam mendidik si kecil. Mereka sudah mulai diajari membaca dan behitung yang terkadang metode penyampaiannya dapat membuat si kecil merasa lelah dan jenuh.

Memang tidak ada salahnya untuk mengajari si kecil membaca dan berhitung. Namun, jika kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk yang salah, tentunya mereka akan mengalami kejenuhan. Menurut laman parenting.com, jika ingin mengajarinya membaca dan berhitung, buatlah aktivitas yang sederhana dan menyenangkan, seperti dengan bernyanyi.

Jika Bunda mendapati si kecil menjadi enggan bersekolah, tanyakan dengan lembut apa yang menjadi penyebabnya. Jika ternyata, hal ini memang merupakan salah satu alasan si kecil enggan bersekolah, Bunda bisa langsung berkonsultasi dengan gurunya mengenai permasalahan ini agar segera mendapatkan jalan yang terbaik.

Oleh: Ratna K.D

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading