Sukses

Parenting

Tingkat Kemanjuran Imunisasi DPT (I)

Ketika Bunda masih kecil Bunda pasti sudah diberi imunisasi DPT. Anak Bunda mungkin juga sudah Bunda berikan imunisasi DPT. Namun, apakah Bunda tahu tingkat kemanjuran vaksin DPT ini?

Seperti dilansir dari laman rxlist.com, berbagai penelitian untuk mengukur tingkat kemanjuran vaksin DPT telah dilakukan. Peneliti mengukur tingkat kemanjuran komponen toxoid difteri dan tetanus.

Untuk mengukur tingkat kemanjuran komponen toxoid difteri dan tetanus, peneliti menggunakan vaksin DT. Uji klinis dilakukan kepada 20 anak di bawah umur 1 tahun untuk menentukan respon serologi dan efek samping yang muncul. Uji klinis dilakukan dengan memberikan vaksin DT sebanyak tiga kali (tiga dosis).

Tingkat kemanjuran vaksin DT terhadap anak yang sudah diberi vaksin sebanyak dua kali adalah 100%. Namun, transfer imun dari ibu yang menyusui ke anak yang baru lahir mungkin juga berpengaruh terhadap tingkat kemanjuran tersebut.

Setelah diberi vaksin DT sebanyak tiga kali, tingkat kemanjuran vaksin DT terhadap anak juga masih sama yaitu 100%. Tidak ada efek samping lokal atau efek samping sistemik terhadap setengah dari anak yang diuji tersebut. Setengah sisanya hanya menunjukkan efek samping yang aman dan juga normal.

Uji klinis dilakukan untuk kedua kalinya. Kali ini uji klinis dilakukan terhadap 40 anak dengan umur di bawah 1 tahun.

Ingin tahu bagaimana hasil uji klinis tersebut? Simak di artikel selanjutnya ya Bun!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading