Sukses

Parenting

Tata Cara Pemberian Imunisasi DPT (I)

Yang termasuk tata cara pemberian imunisasi DPT adalah dosis yang digunakan, bagaimana cara memberikannya, berapa kali pemberian vaksin dilakukan, dan kapan waktunya. Berikut ini rinciannya seperti dilansir dari rxlist.com:

- Dosis yang digunakan
Dosis yang digunakan untuk menyuntikkan vaksin DPT ini pada tubuh anak di bawah umur 7 tahun adalah 0.5 mL. Penyuntikan secara fraksional (dosis yang dikurangi kemudian diberikan berkali-kali) tidak direkomendasikan, karena penyuntikan secara fraksional tidak memberi manfaat apa pun.

- Cara memberikan
Cara memberikan vaksin DPT ini adalah secara intramuskular. Intramuskular maksudnya adalah disuntik langsung ke otot tubuh anak. Lokasi penyuntikan dilakukan di bagian aspek anterolateral (bagian depan dan bagian samping) paha dan juga di otot deltoid lengan atas (sekitar pundak dan lengan atas).

Penyuntikan tidak boleh dilakukan di bagian otot gluteal (sekitar pantat dan paha bagian belakang) dan juga tidak boleh dilakukan di bagian tubuh yang ada batang saraf utamanya. Selama empat pemberian pertama vaksin DPT, penyuntikan di titik yang sama tidak boleh dilakukan. Saat menyuntik juga harus hati-hati agar vaksin DPT tidak masuk ke pembuluh darah.

- Berapa kali pemberian vaksin dilakukan
Imunisasi DPT ini dibagi menjadi dua, yaitu imunisasi utama dan juga imunisasi tambahan (booster). Imunisasi utama diberikan sebanyak empat kali, sedangkan imunisasi tambahan adalah imunisasi rutin yang dilakukan beberapa waktu sekali.

Kapankah waktu dan jadwal pemberian vaksin DPT? Simak di artikel berikutnya ya Bun!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading