Sukses

Parenting

Memberi Imunisasi Anak Secara Menyeluruh atau Menerapkan Herd Immunity?

Herd immunity adalah sebuah istilah yang berarti hanya sekelompok orang di suatu populasi yang diberi imunisasi. Jadi, di kompleks tempat tinggal Bunda misalnya, imunisasi anak hanya diberi ke sebagian besar anak saja, tidak semua. Bagaimana pendapat para ahli mengenai herd immunity ini?

Seperti dilansir dari laman whattoexpect.com, herd immunity ini tidak memberi perlindungan secara utuh lho Bunda. Berikut ini alasannya.

Herd immunity baru bisa berjalan efektif apabila sekitar 95% dari seluruh anak di populasi tersebut diberi imunisasi. Semakin banyak orang yang tidak diimunisasi, akan semakin besar risiko populasi tersebut terkena penyakit yang berbahaya.

Kemudian, herd immunity ini tidak bisa melindungi populasi dari segala macam penyakit. Contoh penyakit yang tidak bisa dicegah herd immunity adalah penyakit tetanus, karena penyakit ini tidak menular.

Berdasarkan dua alasan di atas, jelas bahwa herd immunity ini bukanlah solusi terbaik untuk diterapkan di lingkungan rumah Bunda. Pemberian imunisasi secara menyeluruh terhadap semua anak adalah tindakan terbaik yang bisa dilakukan untuk mencegah lingkungan rumah Bunda dari penyakit-penyakit berbahaya.

Memang pemberian imunisasi pada anak itu dapat menyebabkan efek samping Bunda dan umumnya yang terjadi adalah efek samping normal. Namun, perlindungan yang maksimal pada anak itu jauh lebih penting daripada efek samping normal yang dialami anak.

Jadi, berikan imunisasi secara lengkap pada anak Bunda ya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading