Sukses

Parenting

Efek Samping Imunisasi Anak (II)

Di artikel sebelumnya telah diulas berbagai macam efek samping yang bisa terjadi setelah pemberian imunisasi anak, mulai dari efek samping yang wajar dan normal sampai dengan efek samping yang serius. Apa yang harus Bunda lakukan untuk menangani efek samping tersebut?

Seperti dilansir dari laman whattoexpect.com, Bunda bisa memberikan kompres hangat pada bagian tubuh anak Bunda yang disuntik. Kompres hangat akan membantu mengurangi rasa sakit setelah pemberian vaksin.

Kemudian, Bunda juga bisa menggerak-gerakkan tangan dan kaki anak Bunda. Caranya adalah dengan mengayunkan kaki seolah-olah sedang bersepeda.

Cara lain yang bisa Bunda lakukan apabila anak sudah berumur 2 tahun ke atas adalah dengan bermain kepala-pundak-lutut-kaki selama beberapa kali. Hal-hal tersebut bertujuan untuk mengurangi rasa sakit di bagian tubuh yang baru disuntik.

Untuk mengobati demam anak dan juga rasa sakit yang lain, coba tanyakan kepada dokter obat apa yang harus diberikan. Biasanya, dokter akan memberikan obat yang tidak mengandung aspirin. Dokter akan memberikan obat yang mengandung acetaminophen apabila anak sudah berumur di atas 3 bulan, dan akan memberikan obat yang mengandung ibuprofen apabila anak sudah berumur di atas 6 bulan.

Beberapa dokter juga ada Bun yang menyarankan untuk memberikan obat-obatan non-aspirin sebelum anak diberi vaksin. Tujuannya untuk mencegah efek samping muncul.

Di artikel selanjutnya akan diulas gejala-gejala tertentu yang jarang muncul setelah anak diberi vaksin. Simak terus ya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading