Sukses

Parenting

Memilih untuk Hamil Menyusui bukanlah Penyesalan

Bunda, apa yang ada di benak Anda ketika bayi Anda baru berusia kurang dari satu tahun dan Anda dinyatakan positif hamil? Haruskah Anda hamil menyusui pada waktu yang bersamaan?

Yang penting untuk diingat adalah ketika Anda hamil, Anda tengah hidup untuk calon bayi yang sedang berkembang di rahim Anda. Selain itu, ketika Anda memiliki bayi yang masih membutuhkan ASI Anda, Anda hidup untuk memberikan nutrisi yang cukup agar ia bisa hidup dengan sehat dan tumbuh berkembang sempurna.

Dan ketika hamil menyusui terjadi di waktu yang sama, Bunda, Anda harus memilih; tetap menyusuinya atau berhenti. Namun, laman health.com menyatakan dengan jelas bahwa hal memilih untuk tetap menyusuinya bukanlah hal yang harus disesali loh, Bunda.

Alasannya adalah bayi yang Anda susui sedang sangat membutuhkan nutrisi dari Anda (terlebih lagi jika usianya belum melewati 12 bulan). Meski masih bisa dibantu dengan formula, tentu ASI Anda lebih baik dan terjangkau, bukan?

Keluhan-keluhan dari para ibu yang hamil dan menyusui pada waktu bersamaan adalah puting payudara mereka yang terasa jauh lebih perih, terutama ketika usia kehamilannya masih pada trimester pertama. Ya, hal itu pasti terjadi Bunda.

Nah, menyesal atau tidaknya, tergantung pada Anda. Meski banyak para ibu yang tidak dapat menahan rasa sakit pada puting payudaranya dan memutuskan untuk berhenti menyusui, banyak pula yang tetap berjuang hingga mereka terbiasa sendiri.

Keputusan tetap berujung pada Anda, Bunda.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading