Sukses

Parenting

Bahayakah Hormon Oxytocin saat Hamil Menyusui?

Bunda, pernahkah Anda mendengar hormon oxytocin? Apakah hubungannya dengan hamil menyusui? Bahaya atau tidakkah?

Informasi ini sangat penting bagi Anda yang akan atau sedang hamil sambil menyusui. Terlepas dari kemampuan tubuh dan mental Anda dalam melakukan dua pekerjaan mulia tersebut, Anda juga perlu tahu tentang hormon oxytocin, Bunda.

Seperti yang telah dilansir oleh laman netdoctor.co.uk, hormon oxytocin merupakan jenis hormon yang kemunculannya distimulus atau disebabkan oleh kegiatan menyusui. Nah, hal terpentingnya adalah bahwa hormon tersebut bisa menyebabkan kontraksi pada rahim si ibu.

Selain itu, kontraksi pada rahim adalah hal yang memungkinkan untuk terjadi keguguran. Mungkin loh ya, Bunda. Namun, ternyata ada berita yang cukup melegakan bagi para ibu yang tetap yakin dengan keputusannya untuk tetap menyusui bayi atau balitanya meskipun sedang hamil.

Para ahli memang membenarkan kemungkinan keguguran yang disebabkan oleh hormon tersebut secara teori, Bunda. Tetapi, praktisnya kemungkinan tersebut sangat kecil sekali porsinya. Para ahli medis sepakat bahwa hormon tersebut tidak akan menyebabkan ibu hamil menyusui keguguran.

Hormon oxytocin yang dihasilkan ketika Anda menyusui memang akan menyebabkan Anda kerap mengalami kontraksi rahim. Anda pun pasti kini telah cukup sering mengalaminya. Namun, kontraksi tersebut tidak akan sampai membuka serviks Anda, Bunda.

Semuanya aman. Para ahli justru sangat bangga ketika Anda mampu mengambil keputusan dengan yakin untuk tetap menyusui bayi Anda meski sedang hamil lagi, seperti yang dilansir oleh laman tersebut.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading