Sukses

Parenting

Dampak Air Ketuban Sedikit Pada Bayi

Dampak yang diberikan oleh air ketuban sedikit di rahim Ladies tergantung pada kehamilan Ladies sendiri, maksudnya adalah tergantung berapa usia kehamilan Ladies dan seberapa sedikit cairan ketuban ini.

Jumlah air ketuban memang sangat berpengaruh pada kehamilan. Jika terlalu banyak, ini juga berbahaya untuk bayi, dan jika terlalu sedikit, ini juga akan menyebabkan suatu masalah.

Jika air ketuban sedikit atau disebut oligohydramnios, terjadi selama kehamilan trimester pertama, ini dapat meningkatkan resiko kematian bayi, atau keguguran. Hal ini sama seperti yang dilansir dari laman babycenter.in.

Jika hal ini terjadi di kehamilan trimester kedua, ini sangat beresiko terhadap perkembangan bayi. Khususnya perkembangan paru- parunya.

Hal ini dikarenakan air ketuban merupakan sumber oksigen untuk bayi, jika pasokan oksigen berkurang akan berdampak pada pertumbuhan paru-parunya.

Jika hal ini terjadi, Ladies harus sering-sering melihat perkembangan detak jantungnya, jika detak jantungnya melemah, bisa saja membawa Ladies untuk melakukan kelahiran premature, dan tentunya ini sangat beresiko untuk si buah hati.

Kehamilan di trimester ketiga juga memungkinkan Ladies untuk mengalami air ketuban sedikit. Jika hal ini terjadi, Ladies akan diberi suntikan atau cairan yang dapat menambah volume dari air ketuban. Dampak yang diberikan pada bayi adalah bayi tidak dapat memutar tubuhnya pada posisi kelahiran dan bisa saja terjadi kelahiran sungsang.

Oleh: Susvia Cahyaning

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading