Sukses

Parenting

Bagaimana Cara Mengetahui Air Ketuban Sedikit?

Ladies, air ketuban ini tentunya memiliki banyak sekali fungsi untuk perkembangan si buah hati ya. Namun, ternyata air ketuban ini sangat berpotensi untuk memiliki masalah. Mulai dari emboli ketuban, air ketuban yang terlalu banyak, sampai dengan air ketuban sedikit.

Lalu, bagaimana sih sebenarnya ciri-ciri dari air ketuban yang sedikit ini? Apakah kita bisa mengetahuinya sendiri, atau harus dengan bantuan dokter?

Nah, air ketuban ini bisa ditandai oleh beberapa hal. Melansir ulang dari babycenter.com, salah satu tandanya yaitu jika Ladies mendapati air ketuban ini sedikit demi sedikit keluar melalui selaput air ketuban yang bercelah.

Kalau yang satu ini, kita pasti bisa mendeteksinya sendiri ya, Ladies. Coba amati celana dalam kita pagi ini, adakah cairan ketuban yang menetes? Kalau iya, bisa jadi Ladies mengalami air ketuban sedikit ini.

Tanda yang lain dari air ketuban sedikit ini juga bisa diketahui dari gerakan yang dilakukan oleh si buah hati dalam kandungan. Sumber yang sama menyatakan kalau baby tidak banyak bergerak, maka kemungkinan ketubannya terlalu sedikit.

Nah, kalau cara-cara ini belum meyakinkan, maka dokter akan menggunakan ultrasound untuk mengeceknya. Dari sini bisa diketahui jumlah air ketuban yang ada di dalam uterus dan menghitungnya berdasarkan Amniotic Fluid Index (AFI).

Air ketuban kita sedikit? Jangan sampai ya, Ladies.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading