Sukses

Parenting

Perubahan pada Organ Dalam Wanita Selama Proses Kehamilan

Sudah menjadi barang umum bahwa ketika seorang wanita hamil pasti akan terjadi perubahan signifikan pada tubuhnya. Namun, pernahkah Ladies berpikir tentang perubahan pada organ dalam Ladies yang tidak dapat teramati ketika Ladies hamil? Nah, kali ini akan dibahas mengenai perubahan tersebut lo Ladies.

Perubahan pada organ dalam wanita yang paling mudah diamati perubahannya adalah perubahan bentuk dan ukuran rahim. Perut Ladies yang dulunya rata kemudian berubah menjadi buncit seiring dengan pertambahan usia janin.

Menurut laman health.howstuffworks.com, perubahan signifikan pada rahim ini disebabkan oleh bertambahnya jumlah otot, jaringan ikat dan jaringan elastis, pembuluh darah, dan syaraf di area rahim ketika hamil. Rahim yang berbentuk seperti buah pir tebalik akan berubah memaanjang sesuai dengan pertumbuhan bayi yang dikandungnya.

Selain perubahan bentuk rahim yang menyebabkan membuncitnya perut ibu hamil, bagian lain yang mengalami perubahan diantaranya adalah serviks dan vagina. Pada minggu keenam kehamilan ketika suplai darah menuju dua organ tersebut bertambah, maka akan terjadi penggelapan warna di sekitar area tersebut.

Hal tersebut tidak berarti bahwa hanya terjadi perubahan tanpa ada maksut dan tujuannya lo Ladies. Perubahan tersebut sebenarnya berperan dalam membantu mempersiapkan jalan bagi peregangan selama prose kelahiran. Selain itu, hal tersebut bermanfaat untuk meningkatkan sekresi lendir di sekitar area leher rahim.

Nah, begitu infonya Ladies. Semoga saja bermanfaat buat menambah pengetahuan Anda ya. Terima kasih.

Oleh: Dwi Yonas Putranto

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading