Sukses

Parenting

Yuk Amati Perkembangan Bayi di Minggu Kedua Kehamilan

Ladies, mungkin selama ini kita mengetahui kalau kehamilan kita berusia 2 minggu ya. Namun, kita tidak tahu dengan pasti proses perkembangan janin di dalam uterus kita saat minggu kedua kehamilan ini.

Yuk simak penjelasan dari pregnancycorner.com berikut tentang perkembangan janin selama minggu kedua kehamilan.

Jadi, dari 46 kromosom yang ada, yang paling penting adalah keberadaan kromosom X dan kromosom Y. Nah, kedua kromosom inilah yang akan menentukan jenis kelamin bayi.

Jadi, setiap sel telur memiliki kromosom X, sedangkan setiap sel sperma memiliki kromosom X dan Y. Jika sel sperma ini membuahi sel telur dengan kromosom X, maka Ladies akan memiliki anak perempuan. Sebaliknya, kalau itu adalah kromosom Y, maka Ladies akan memiliki anak laki-laki.

Nah, Ladies, tahu nggak sih kalau sebenarnya jenis kelamin bayi sudah ditentukan sejak proses pembuahan ini? Namun memang, kita baru bisa mengetahuinya setelah beberapa bulan kemudian.

Embrio ini terdiri dari 150 sel yang mulai terbagi ke dalam beberapa lapisan. Lapisan yang pertama, yang dikenal dengan nama endoderm atau endoblast, akan menjadi sistem pencernaan dan pernafasan. Ini meliputi kelenjar seperti pankreas, tiroid, dan juga hati.

Lapisan yang kedua, atau mesoderm, menjadi tulang, sistem sirkulasi darah, lapisan kulit dalam, otot, dan juga sistem ekskresi. Dan yang terakhir, lapisan yang ketiga, atau ectoderm atau ectoblast, yang nantinya akan menjadi sistem saraf, otak, kulit, kuku, dan rambut. Dan, dalam fase ini, bayi masih berukuran 1-2 milimeter lho, Ladies.

Semoga menambah pengetahuan kita ya.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading