Sukses

Parenting

Tentang Ovulasi di Minggu Kedua Kehamilan

Ladies, tahukah bagaimana proses ovulasi terjadi di dalam tubuh kita? Bagaimana juga ya cara menghitung usia kehamilan kita, Ladies? Yuk cari tahu lewat ulasan tentang minggu kedua kehamilan.

Melansir ulang dari babycenter.com, minggu pertama kehamilan ternyata dihitung sejak hari pertama di siklus menstruasi kita yang terakhir. Ini karena, sangat sulit mendeteksi dengan tepat kapan sel telur dan sel sperma menyatu.

Jadi, tenaga medis profesional, seperti dokter dan bidan menghitung kehamilan ini 40 minggu, dengan minggu pertama dimulai saat siklus terakhir menstruasi. Atau, lebih tepatnya, hari pertama saat siklus ini adalah hari pertama kehamilan.

Nah, itulah sebabnya kenapa kita sudah dihitung dalam masa minggu kedua kehamilan ketika proses pembuahan terjadi. Banyak sekali lho, Ladies, faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya pembuahan ini.

Sumber yang sama menegaskan kalau “timing” adalah salah satu yang paling menentukan. Untuk memperbesar kemungkinan untuk terjadi pembuahan, sebaiknya Ladies melakukan hubungan intim dengan suami sekitar 72 jam sebelum Ladies mengalami ovulasi atau 24 jam setelahnya.

Wah, kenapa kira-kira harus di jam-jam ini?

Ya, ini karena sperma hanya bisa bertahan selama 72 jam, dan sel telur tidak bisa bertahan lebih dari 24 jam. Nah, kalau ingin mempercepat proses pembuahan ini, apa yang bisa kita lakukan?

Benar sekali, tentunya, kita harus lebih meluangkan waktu untuk berdua dengan suami. Selain itu, prediksikan dengan baik kapan Ladies mengalami ovulasi, dan pilih posisi bercinta yang bisa mempercepat pembuahan.

Semoga bermanfaat ya, Ladies.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading