Sukses

Parenting

Sebelum Inisiasi Menyusui Dini, Perbanyak Minum Air Putih

Air susu yang dihasilkan dari proses inisiasi menyusui dini di awal kelahiran sangatlah baik untuk kesehatan bayi. Untuk membantu memproduksi air susu yang banyak dan baik, banyak hal kecil yang bisa Anda lakukan. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak minum air putih.

Menurut laman babycenter.com, ketika Anda menyusui, tubuh Anda memerlukan paling tidak 16 gelas mineral per hari. Total ini termasuk cairan yang terkandung dalam makanan seperti sayur dan buah.

Namun Anda tidak perlu mencatat berapa banyak air yang sudah Anda minum. Minumlah ketika Anda merasa perlu untuk minum. Tanda yang dapat Anda kenali jika Anda cairan dalam tubuh Anda sudah terpenuhi adalah air seni yang Anda keluarkan berwarna kuning terang.

Bagi Anda penyuka kopi, ada kabar baik untuk Anda. Meminum kopi tidaklah membahayakan proses menyusui asalkan diminum secukupnya saja. Anda bisa minum sekali di pagi hari ketika ingin memulai aktivitas. Terlalu banyak meminum kopi akan menyebabkan air susu Anda tercampur dengan zat yang ada di dalam kopi dan akan mengganggu pencernaan bayi.

Para ahli juga menyarankan untuk membatasi konsumsi kafein seperti kopi, teh, soda, minuman penambah energy, coklat, dan es krim kopi tidak lebih dari 300 mg per harinya. Hal itu setara dengan 5 cangkir kopi seharinya. Namun, akan lebih baik lagi jika tidak mengonsumsi kafein sama sekali.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading