Sukses

Parenting

Jangan Ragu-Ragu Melakukan Inisiasi Menyusui Dini

Sebagai langkah awal dalam proses menyusui, inisiasi menyusui dini merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan di awal kelahiran. Hal ini menentukan bagaimana kelancaran proses menyusui ke depan.

Menurut laman babyworld.co.uk, sesaat setelah bayi dilahirkan, ibu harus memberikan air susu sebanyak yang bayi inginkan. Para ibu yang segera melakukan inisiasi menyusui dini terbukti sukses dalam proses menyusuinya.

Semakin awal menyusui dilakukan, maka akan semakin lancar proses menyusui.
Yang penting adalah jangan takut untuk memulai menyusui. Mungkin ini adalah pengalaman Anda dalam menyusui. Jika Anda ragu-ragu dan takut untuk menyusui, maka akan berpengaruh terhadap produksi air susu dan terhambatnya proses menyusui bayi.

Bayi Anda akan mungkin akan menyusui sekali saja setelah Anda melahirkan, setelah itu dia akan tertidur untuk beristirahat dan penyesuaian dengan lingkungan luar. Setelah itu, bayi akan menyusu dalam waktu yang tidak tentu, bisa setiap 4 atau 5 jam sekali, dan setelah itu setelah 4 jam tidur.

Walaupun tidak ada waktu atau jadwal yang tetap, tetaplah siap siaga ketika dia menginginkan air susu. Jangan pernah menghentikan secara tiba-tiba ketika dia sebenarnya masih menginginkan air susu.

Hal tersebut akan membuat bayi merasa kaget dan lama kelamaan tidak lagi menginginkan air susu ibunya. Oleh karena itu, beristirahatlah ketika bayi Anda sedang tertidur lelap karena persiapan fisik juga sangat penting untuk berjaga.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading