Sukses

Parenting

Inisiasi Menyusui Dini: Setiap Wanita Mampu Menyusui

Jika Anda mempunyai tubuh yang kurus dan payudara kecil, jangan pernah merasa takut untuk mencoba inisiasi menyusui dini. Anda mungkin berpikir bahwa tubuh Anda tidak mendukung berjalannya proses menyusui dengan lancar sesaat setelah melahirkan. Akan tetapi, kenyataan tidak berkata demikian.

Dilansir dari babycentre.co.uk, setiap wanita sudah dipersiapkan organ-organ dalam tubuhnya untuk menghadapi kehamilan dan juga proses selanjutnya yaitu menyusui. Bahkan tubuh Anda sudah menyiapkan dirinya sendiri untuk bekerja dalam proses menyusui dimulai dari awal kehamilan Anda.

Jika Anda pernah merasakan puting susu Anda terasa gatal dan nyeri, ukurannya membesar di awal kehamilan Anda, itu berarti bahwa tubuh Anda sudah mulai bekerja.

Selama masa kehamilan, aliran darah akan meningkat dan lebih lancar ke bagian payudara. Saluran air susu dan sel yang memproduksi air susu lebih meningkat dibandingkan sebelum kehamilan Anda. Hal inilah yang menyebabkan air susu akan diproduksi sesaat setelah Anda melahirkan.

Yang paling penting, jangan pernah khawatir dengan bobot tubuh maupun ukuran payudara Anda sebelum kehamilan. Bobot dan ukuran tidak menentukan seberapa banyak air susu yang akan diproduksi dalam menyusui.

Inisiasi menyusui dini tetap dapat dilakukan bagaimanapun bobot, ukuran, dan bentuk payudara Anda. Jika Anda mempunyai ukuran payudara yang kecil, Anda tetap bisa menyusui bayi Anda sebanyak yang dia inginkan.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading