Sukses

Parenting

Inisiasi Menyusui Dini: Perlukah Mengeraskan Puting Sebelum Menyusui?

Banyak orang mengatakan bahwa di saat proses inisiasi menyusui dini dilakukan, puting susu haruslah dikeraskan lebih dahulu agar air yang keluar lebih banyak dan lebih lancar.

Namun, tahukah Anda bahwa hal tersebut sebenarnya tidak ada hubungannya dengan kelancaran proses menyusui? Bahkan, lebih parahnya lagi, mengeraskan puting susu hanya akan menyakiti payudara dan mempersulit proses menyusui.

Menurut laman babycentre.co.uk, sebenarnya tidak ada yang harus dilakukan terkait dengan pengerasan puting susu untuk melancarkan menyusui. Perubahan hormon yang terjadi pada payudara sudah menjadi persiapan yang cukup untu proses menyusui. Anda tidak perlu mengoleskan krim untuk mengeraskan puting atau menggosok-gosok payudara atau hanya akan membuat payudara terasa sakit.

Tubuh Anda secara langsung akan mempunyai ikatan secara natural dengan bayi. Areola pada puting susu Anda akan mengeluarkan minyak yang akan melicinkan puting Anda. Cairan minyak tersebut mempunyai bau yang sama dengan air ketuban, sehingga bayi akan segera mengenali bau ketika inisiasi menyusui dini dilakukan.

Bayi Anda akan segera mengenali dan mengingat bau payudara Anda, kolostrum, dan susu. Hal ini yang akan melancarkan proses menyusui Anda setelahnya.

Yang perlu diperhatikan adalah hindarilah penggunaan sabun, parfum, dan losion tubuh yang mempunyai bau yang menyengat, khususnya bagian payudara Anda. Hal tersebut akan mengurangi keinginan bayi untuk menyusu karena bau yang berbeda.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading