Sukses

Parenting

Inisiasi Menyusui Dini Lancarkan Proses Menyusui

Kebanyakan para ibu hamil merasa khawatir dengan kemampuannya untuk menyusui anaknya kelak setelah melahirkan. Mereka takut akan menghasilkan air susu yang sangat sedikit atau bahkan tidak dapat menyusui sama sekali. Padahal sebetulnya banyak cara yang dapat dilakukan agar proses menyusui nantinya akan lancar dan sukses.Salah satu cara yang sangat disarankan adalah dengan melakukan inisiasi menyusui dini.

Menurut laman babycentre.co.uk, inisiasi menyusui dini merupakan cara yang tepat untuk menyukseskan proses menyusui ke depannya.Inisiasi menyusui dini dilakukan dengan cara meletakkan bayi di atas badan ibu sesaat setelah melahirkan. Hal ini bertujuan agar bayi mencari sendiri payudara ibunya dan menyusu untuk pertama kalinya tanpa adanya paksaan.

Kontak kulit yang terjadi ketika inisiasi menyusui dini dilakukan akan membantu bayi menemukan payudara ibunya dan juga menemukan posisi yang nyaman dalam menyusui. Bahkan jika proses persalinan dilakukan melalui operasi caesarpun, ibu tetap dapat melakukan inisiasi menyusui dini di ruang pemulihan dibantu oleh perawat.

Di dalam proses inisiasi menyusui dini, bayi akan memulai mencari dengan mencium bau, menjilat-jilat permukaan kulit, mengikuti arah sumber bau dan setelah menemukan puting susu ibunya, dia mulai mengisap dan akhirnya menyusu.

Langkah awal ini merupakan penentu suksesnya proses menyusui ke depannya. Semakin awal bayi menyusu pada ibunya, maka kemungkinan lancarnya proses menyusui semakin besar.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading