Sukses

Parenting

Inisiasi Menyusui Dini Bantu Pulihkan Kesehatan Ibu

Jika banyak dari ibu hamil yang sering mengalami pendarahan hebat setelah melahirkan, maka inisiasi menyusui dini merupakan cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut.

Mungkin selama ini banyak yang mengetahui bahwa inisiasi menyusui dini bermanfaat untuk kesehatan bayi. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa hal tersebut juga bagus untuk kesehatan ibu pasca melahirkan.

Menurut laman howbreastfeeding.blogspot.com, sentuhan dan isapan bayi pada puting susu ibu akan menstimulus keluarnya oksitosin. Keluarnya oksitosin akan membantu rahim mengeluarkan plasenta dan mengurangi pendarahan yang terjadi.

Rangsangan terhadap hormon-hormon di dalam tubuh ibu akan membuat ibu tersebut menjadi lebih tenang, relaks, dan santai, sehingga sakit yang dirasakan pasca melahirkan akan berkurang dengan sendirinya. Bahkan, ibu bisa sampai lupa terhadap sakit yang dirasakan karena kebahagiaan yang melanda.

Nah, sudah tahu kan bahwa inisiasi menyusui dini ternyata tidak hanya baik untuk anak, namun ibu juga turut merasakan. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang hamil, merencanakan kehamilan, atau masih jauh dengan keinginan hamilpun lebih baik melakukan inisiasi menyusui dini pasca melahirkan.

Tidak ada alasan yang membuat Anda untuk tidak melakukan inisiasi menyusui dini, terkecuali dalam keadaan-keadaan tertentu yang memang memaksa untuk tidak melakukan hal tersebut. Seperti misalnya bayi lahir prematur atau hal lainnya yang tidak diizinkan oleh medis.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading