Sukses

Parenting

Bayi Sehat Dimulai Dari Inisiasi Menyusui Dini

Bunda, sebelumnya tentunya sudah pernah mendengar apa itu inisiasi menyusui dini, bukan. Nah, bagi Bunda yang sekarang sedang dalam proses kehamilan, pastinya ingin bayi terlahir dan tumbuh kembang secara sehat.

Inisiasi menyusui dini dan kesehatan bayi Bunda kelak sangatlah berkaitan. Simpelnya nih Bunda, jika ingin bayi sehat, maka inisiasi menyusui dini sangat perlu untuk diperlukan di awal kelahirannya.

Jika Bunda masih bertanya-tanya sebenarnya apa yang menyebabkan bayi menjadi sehat ketika dimulai dengan proses inisiasi menyusui dini, berikut ini adalah penjelasan yang dilansir dari howbreastfeeding.blogspot.com:

• Indera penciuman atau bau yang dimiliki oleh bayi akan lebih terangsang dan lebih berkembang dengan baik jika diawali dengan menyusu di awal kelahirannya. Hal ini disebabkan aroma payudara di saat inisiasi menyusui dini dilakukan akan menstimuli kerja indera penciumannya.

• Kolostrum, zat yang terkandung dalam air susu ibu sangatlah bagus untuk kesehatannya. Zat yang kaya akan antibodi ini akan menjadi benteng bagi pertahanan tubuhnya, dan juga bagus untuk perkembangan tubuh serta otaknya.

• Air susu ibu tidaklah mengandung alergi, tidak menghambat pertumbuhan (malah sebaliknya), dan tidak mengganggu fungsi perut. Berbeda dengan makanan padat atau sekalipun susu sapi yang diproduksi yang dapat menyebabkan alergi atau sakit pada pencernaan.

• Bayi yang disusui di awal kelahirannya akan lebih cepat tumbuh dan sehat karena bayi akan terus meminta untuk menyusui dan pemberian air susu ibu secara eksklusifpun dipastikan akan berjalan dengan sukses.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading