Sukses

Parenting

Hamil Di Luar Nikah: Jangan Mudah Terpengaruh Untuk Aborsi

Bagi Anda yang pernah mengalami hamil di luar nikah pastinya merasa takut dan bingung untuk menghadapi, orangtua, lingkungan sekitar, dan masa depan Anda sendiri. Tidak sedikit yang akan memberikan saran untuk melakukan aborsi, demi masa depan Anda dan nama baik keluarga.

Namun, jika Anda teguh untuk tidak melakukan tindakan yang beresiko seperti itu, ada baiknya untuk tidak mendengarkan dan mencari solusi lain tanpa harus membunuh bayi yang ada di dalam kandungan.

Dilansir dari americanpregnancy.org, berikut ini adalah beberapa hal yang patut Anda pertimbangkan dan lakukan agar tidak tergoda untuk melakukan tindak aborsi:

• Minta bantuan orang lain
Jika Anda masih belum berani berbicara pada orangtua Anda, paling tidak Anda harus mengutarakan permasalahan Anda kepada ahlinya. Anda dapat pergi ke psikolog, ataupun ahli kesehatan. Mintalah solusi yang terbaik bagi permasalahan Anda.

• Jangan menutup diri
Anda pastinya akan lebih sering sendiri karena merasa minder untuk membuka diri dengan orang lain. Jangan pernah menyimpan permasalah ini sendiri. Anda dapat berbagi cerita kepada teman terdekat yang sudah dipercaya. Jika Anda sudah jujur kepada orangtua, lebih baik lagi jika Anda meminta dukungan dan bantuan dari orangtua.

• Hindari tekanan dari manapun
Tekanan yang buruk seperti menyuruh untuk melakukan aborsi ataupun meninggalkan bayi setelah dilahirkan, sangatlah tidak baik untuk didengarkan apalagi dituruti. Jangan pernah tergoyah karena hal tersebut. Berbagilah hanya kepada mereka yang mengerti.

• Sharing kepada orang yang lebih berpengalaman

Akan sangat membantu jika Anda berbagi dengan orang yang sudah pernah hamil di luar nikah dan aborsi. Anda dapat menilai apa yang baik dan buruk berdasarkan cerita mereka.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading