Sukses

Parenting

Hamil Sesak Nafas? Tenang, itu Normal! (Bagian 1)

Ladies, sebagian wanita, hamil adalah sesuatu yang sangat dinantikan. Butuh persiapan etal dan fisik untuk ibu hamil. Termasuk beberapa risiko kesehatan seperti hamil sesak nafas atau merasakan sesak nafas saat hamil.

Laman babycentre.co.uk mengatakan bahwa fenomena seperti ini normal dialami oleh sebagian besar ibu yang seang hamil. Meski tidak setiap hari, biasanya sesak nafas terasa saat sedangn menaiki tangga atau membawa belanjaan yang berat.

Namun, mengapa bisa seperti ini? Saat hamil, utamanya hamil tua, janin yang ada di dalam kandungan terus tumbuh dan ukurannya membesar. Kondisi seperti ini mau tidak mau menekan diafragma atau selaput pembatas rongga dada dan rongga perut ke atas.

Dengan adanya pergeseran diafragma ini, paru paru yang terletak tepat di atas diafragma juga turut tertekan dari bawah. Dengan volume maksimum paru-paru yang berkurang, Anda jadi bernafas lebih cepat dari biasanya.

Namun, Ladies, hal yang perlu Bunda tahu adalah hal ini sangat normal. Rasa sesak nafas ini tidak akan mengganggu atau membahayakan jiwa Bunda maupun janin yang ada di dalam kandungan.

Kondisi bisa lebih parah, Ladies, bila janin yang ada di dalam kandungan memiliki bobot yang jumbo. Meski dalam beberapa kasus hal ini normal, sesak nafas yang ditimbulkan bisa jadi lebih parah dengan janin yang berukuran sedang.

Bunda, masih ada lagi lho ulasan mengenai hamil sesak nafas pada artikel selanjutnya. Pastikan Anda tidak melewatkannya. Stay tuned!

Oleh : A. Gusti Efendy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading