Sukses

Parenting

Hamil Sesak Nafas? Ini Cara Pencegahannya (Bagian 3)

Ladies, seperti yg disebutkan sebelumnya, hamil sesak nafas bisa ada banyak penyebabnya. Salah satu di antaranya adalah anemia. Kekurangan sel darah merah tentu membuat paru-paru dipaksa bekerja lebih keras untuk emmenuhi kebutuhan oksigen tubuh.

Laman babycentre.co.uk menenrangkan bahwa salah satu cara mengobati anemia adalah makan makanan yang banyak mengandung zat besi. Namun, terkadang Anda kesulitan mendapatkan bahan makanan yang kaya akan zat besi.

Dalam kondisi seperti ini, Anda dianjurkan mengonsumsi tablet multivitamin penambah darah atau cairan suplemen penambah darah. Metode ini dinilai mampu menggantikan peran makanan yang kaya akan zat besi namun sulit didapatkan.

Tips selanjutnya, adalah menjaga diri saat Anda sedang berolah raga. Meski hamil, berolah raga juga dianjurkan untuk tetap menjaga sirkulasi darah dalam tubuh agar Bunda tetap sehat. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan, Bunda.

Saat berolahraga dan mulai merasa kurang enak badan, jangan memaksakannya. Bila aktivitas olah raga Anda memiliki Instruktur, pastikan instruktur Anda tahu bahwa Anda sedang hamil. Jangan sungkan untuk terus berkonsultasi demi kesehatan kehamilan, Bunda.

Bagi Bunda yang bekerja dalam keadaan hamil, jangan memaksakan diri membawa barang-barang berat yang dapat membuat Anda sesak nafas. Barang-barang tersebut seperti cucian yang berat, buku-buku atau file, dan belanjaan yang berat. Mintalah pada pimpinan Anda bantuan ekstra khusus selama Anda dalam masa kehamilan.

Oleh : A. Gusti Efendy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading