Sukses

Parenting

Bunda, Mari Mengenal Hamil Sesak Nafas (Bagian 3)

Ladies, setelah penjelasan mengnai sebab hormonal yang mempengaruhi hamil sesak nafas. Diskusi kita mengenai fenomena ini belum berakhir. Kali ini, diulas hal-hal yang terjadi setelah perubahan hormonal tersebut.

Bila hormon kehamilan atau progesteron menyebabkan perubahan cara udara larut dalam aliran darah melalui paru-paru, hasilnya tubuh menjadi lebih senstitif dengan kandungan karbon dioksida yang dikeluarkan melalui paru-paru.

Perubahan ini tidak sepenuhnya merupakan hal-hal yang negatif. Justru, peristiwa adaptai seperti ini menunjukkan bahwa proses pengolahan dan pengelolaan oksigen dan karbon dioksida di dalam tubuh menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Mengapa demikian? Pernafasan pada saat seperti ini bisa jadi terasa seperti biasanya. Dengan kecepatan bernafas seperti biasanya pula. Namun, setiap nafas Anda lebih dalam daripada nafas Anda yang sebelumnya.

Dan itulah mengapa Anda terkadang merasa sesak nafas. Bahkan, beberapa calon ibu lebih waspada akan hal ini dan mengalami sesak nafas lebih sering, namun persiapan yang diambil untuk menghadapinya sudah cukup baik.

Kemudian, Ladies, pada trimester ketiga ukuran janin dalam kandungan mulai merepotkan. Ukuran sayng semakin membesar ini semakin menekan rongga dada dan menyebabkan sesak nafas. Pada fase ini rahim benar-benar menekan.

Menekan pada apa Ladies? Simak selengkapnya pada artikel selanjutnya. Stay tuned Ladies, and keep informed!

Oleh : A. Gusti Efendy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading