Sukses

Parenting

Bunda, Mari Mengenal Hamil Sesak Nafas (Bagian 1)

Ladies, bagi sebagian wanita, hamil sesak nafas merupakan hal baru. Apalagi bagi yang menglami kehamilan pertama. Terlebih lagi bagi Ibu hamil yang tidak pernah memiliki riwayat sesak nafas. Mengalami sesak nafas saat hamil akan membuat sedikit khawatir.

Meski sedikit mengkhawatirkan, laman babycentre.co.uk punya statistik yang menerangkan soal fenomena ini. Sekitar tiga perempat ibu hamil yang tidak pernah memiliki riwayat sesak nafas justru merasa nafasnya lebih pendek saat hamil.

Lalu, kapan biasanya ibu hamil mengalami sesak nafas? Biasanya, kebanyakan ibu hamil mengalaminya pada trimester pertama dan kedua. Bagi yang belum terbiasa, merasakan sesak nafas yang pertama seumur hidup apalagi saat hamil tentu mengkhawatirkan.

Saat hamil, bila Anda mengalami peningkatan berat badan yang signifikan, bisa saja menjadi penyebab Anda mengalami sesak nafas. Tidak hanya itu, Ladies, bila janin dalam rahim Anda adalah kembar dua atau lebih, bisa jadi Anda merasa sesak nafas juga.

Berbahayakah mengalami sesak nafas saat hamil? Pada dasarnya tidak! Hal ini karena sebenarnya proses seperti ini adalah bagian dari adaptasi diri untuk menerima dan mengakomodasi kehamilan yang sedang terjadi.

Dalam proses tersebut, tubuh butuh ruang lebih untuk menyokong tumbuh kembang janin di dalam rahim. Oleh karena itu, beberapa organ disekitar rahim terus ditekan. Ladies, ulasan kita masih belum berakhir di sini. Simak kelanjutannya pada artikel berikutnya. Stay tuned!

Oleh : A. Gusti Efendy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading