Sukses

Parenting

Metodologi yang Digunakan dalam Rumah Belajar atau Homeschool (III)

Di ulasan sebelumnya telah dijelaskan empat macam metodologi yang digunakan dalam rumah belajar atau homeschool. Masih ada metodologi yang lain Bunda, berikut ini daftarnya seperti dilansir dari laman en.wikipedia.org:

- Pendidikan Thomas Jefferson

Pendidikan ini juga dikenal sebagai pendidikan kepemimpinan. Metodologi ini menerapkan 7 kunci utama dalam mengajar dan memahami, yaitu klasik, bukan buku tulis; guru pembimbing, bukan profesor; menginspirasi, bukan mengharuskan; waktu yang berstruktur, bukan isi; kualitas, bukan kesesuaian; kesederhanaan, bukan kompleksitas; dan kamu, bukan mereka.

- Studi kesatuan

Di pendekatan studi kesatuan, berbagai macam mata pelajaran seperti matematika, sains, sejarah, geografi, dan seni dipelajari dalam satu topik bahasan, contohnya mengenai orang asli Amerika, mengenai kota Roma, atau mengenai hewan paus.

Misalnya anak belajar tentang orang asli Amerika. Dia akan belajar tentang sejarah orang asli Amerika, menulis sebuah laporan tentang orang asli Amerika yang sampai saat ini masih hidup dan juga terkenal, dan belajar tentang bahasa yang digunakan oleh orang asli Amerika.

Dia juga bisa belajar tentang seni dan kerajinan tembikar, manik-manik, dan lukisan pasir yang diciptakan oleh orang asli Amerika, belajar tentang geografi yaitu lokasi tempat tinggal orang asli Amerika, belajar tentang ilmu sosial yaitu interaksi orang asli Amerika, dan juga belajar tentang sains mengenai tumbuhan dan hewan yang dimanfaatkan oleh orang asli Amerika.

Metode ini berguna untuk mengajar berbagai mata pelajaran sekaligus dan tingkat kesulitannya bisa diatur sesuai kemampuan anak.

Masih ada berbagai metodologi lain dalam homeschool ini. Simak di artikel berikutnya ya Bun!

Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading