Sukses

Parenting

Wah, Ternyata Banyak yang Memberi Kritik Terhadap Rumah Belajar atau Homeschool

Rumah belajar atau homeschool dipublikasikan sebagai alternatif yang jauh lebih baik dari sekolah umum dan juga sekolah privat. Namun, ternyata banyak juga lho Bun yang memberi kritik mengenai homeschool ini.

Seperti dilansir dari laman en.wikipedia.org, salah satu kritik datang dari organisasi bernama National Education Association. Organisasi ini merupakan asosiasi profesional yang terdiri atas guru dan pendidik.

National Education Association menyampaikan kritik mengenai homeschool sebagai berikut:

- standar yang tidak memadai terkait kelengkapan dan kualitas akademis;
- kurangnya sosialisasi dengan teman sebaya, terutama yang memiliki agama dan latar belakang yang berbeda;
- berpotensi melahirkan ekstrimis agama, ekstrimis sosial, ataupun sikap individualisme yang berlebihan; dan
- berpotensi mengembangkan kehidupan sosial paralel yang mungkin tidak sesuai dan tidak cocok dengan standar kehidupan sosial pada umumnya.

Ilmuwan politik yang berasal dari Universitas Stanford, Profesor Rob Reich menulis sebuah buku yang berjudul The Civic Perils of Homeschooling. Buku tersebut mengulas pendapat bahwa homeschool berpotensi untuk memberikan anak satu sudut pandang saja.

Sudut pandang yang lain ditutupi atau dijauhkan dari anak oleh orang tua mereka sendiri. Rob Reich juga mengungkapkan bahwa homeschool akan menjauhkan anak dari teman sebayanya, sehingga mengurangi rasa keterlibatan anak dengan komunitas yang ada di masyarakat.

Berdasarkan informasi di atas, homeschool juga memiliki berbagai kelemahan Bun. Jadi, pertimbangkan matang-matang dahulu ya Bun sebelum memutuskan menyekolahkan anak secara homeschool.


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading