Sukses

Parenting

Pendaftaran Perguruan Tinggi Bagi Murid Rumah Belajar atau Homeschool

Banyak anak yang awalnya menggunakan rumah belajar atau homeschool, ketika memasuki umur 17 atau 18 tahun ingin mendapat jenjang pendidikan yang lebih tinggi di perguruan tinggi. Apa saja informasi-informasi tentang pendaftaran perguruan tinggi yang berkaitan dengan homeschool?

Seperti dilansir dari laman en.wikipedia.org, sebuah asosiasi universitas-universitas di Amerika Serikat yaitu College Board merekomendasikan murid-murid homeschool agar menyimpan catatan dan juga portofolio selama homeschool. Hal itu bertujuan untuk membantu mereka saat mendaftar di perguruan tinggi.

Selama beberapa dekade terakhir, universitas-universitas di Amerika Serikat sangat terbuka sekali dengan murid-murid homeschool. Sekitar 75% dari seluruh universitas di Amerika Serikat memilki peraturan resmi tentang pendaftaran murid-murid yang berasal dari homeschool.

Sekitar 95% dari universitas-universitas tersebut sudah pernah menjadi tempat pendaftaran yang dipilih oleh murid-murid homeschool. Dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar di perguruan tinggi ada bermacam-macam, tergantung dari permintaan universitas tersebut.

78% dari petugas pendaftaran universitas menduga bahwa murid-murid yang berasal dari homeschool dapat belajar dengan baik seperti murid-murid yang berasal dari sma biasa, atau bahkan bisa lebih baik dari mereka.

Tingkat kelulusan ketika berada di universitas juga lebih tinggi murid-murid yang berasal dari homeschool daripada murid-murid yang berasal dari sma biasa, 66,7% dibandingkan dengan 57,5%. Nilai yang diperoleh murid-murid homeschool juga lebih tinggi dibandingkan nilai yang diperoleh murid-murid sma biasa.

Berbagai universitas ternama di Amerika Serikat seperti Harvard dan juga Stanford memiliki banyak sekali lulusan yang berasal dari homeschool.

Ternyata murid-murid homeschool diperlakukan dengan sama seperti murid-murid sekolah biasa ketika mendaftar di perguruan tinggi. Bahkan prestasinya di universitas tidak kalah dibandingkan murid-murid sekolah biasa. Jadi, apakah Bunda tertarik menyekolahkan anak secara homeschool?


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading