Sukses

Parenting

Metodologi yang Digunakan dalam Rumah Belajar atau Homeschool (V)

Di artikel sebelumnya telah dijelaskan tentang metodologi kurikulum all-in-one dan belajar mandiri yang bisa digunakan dalam rumah belajar atau homeschool. Masih ada 1 metodologi yang akan diulas, berikut ini penjelasannya seperti dilansir dari laman en.wikipedia.org:

- Pembelajaran alami

Pembelajaran alami adalah metodologi yang memperbolehkan anak untuk mempelajari ilmu dan pengetahuan berdasarkan minat mereka, sedangkan peran orang tua di sini adalah menyediakan fasilitas dan juga menyediakan kegiatan yang dapat mendidik anak. Orang tua tidak berpedoman penuh pada buku tulis atau menghabiskan terlalu banyak waktu dalam mengajar teori, melainkan mengajar anak melalui berbagai kegiatan sehari-hari.

Peran orang tua adalah memberikan afirmasi melalui tanggapan-tanggapan positif dan juga menunjukkan keahlian-keahlian yang diperlukan, sedangkan peran anak adalah belajar dan juga banyak bertanya.

Metodologi ini menggambarkan bahwa orang tua tidak perlu ikut mengarahkan minat dan bakat anak, tapi orang tua hanya perlu terlibat dan perlu berinteraksi dengan anak sesuai dengan minat yang disukai oleh anak. Orang tua hanya membiarkan anak bereksplorasi tentang hal yang disukainya.

Selain berbagai metodologi yang sudah disebutkan, ada juga metodologi-metodologi lain seperti magang, belajar menggunakan tangan (biasanya tentang seni), belajar jarak jauh (melalui koneksi internet atau melalui korespondensi), dan mendaftar di dua kurikulum sekaligus.

Itulah berbagai macam metodologi yang bisa digunakan dalam homeschool. Apabila Bunda menyekolahkan anak secara homeschool, cobalah metode-metode di atas dan lihatlah metode mana yang paling cocok dengan Bunda dan juga anak Bunda.


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading