Sukses

Parenting

Metodologi yang Digunakan dalam Rumah Belajar atau Homeschool (IV)

Di artikel sebelumnya telah diulas dua metodologi yang digunakan dalam rumah belajar atau homeschool. Berikut ini metodologi-metodologi yang lain, seperti dilansir dari laman en.wikipedia.org:

- Kurikulum all-in-one

Kurikulum all-in-one adalah sebuah instruksi metodologi dalam mengajar, pemberian tugas, dan juga pemberian PR yang hampir serupa dengan yang dilakukan di sekolah umum atau sekolah privat. Kurikulum yang dipilih atau dibeli berdasarkan kelas atau berdasarkan mata pelajaran ini mungkin berisi buku, literatur, materi, akses internet, tes tradisional, kunci jawaban, dan panduan dalam mengajar anak secara ekstensif.

Materi-materi yang ada di dalam kurikulum ini hampir sama dengan materi-materi yang diberikan di sekolah umum atau privat, sehingga apabila anak yang awalnya menerapkan homeschool ingin masuk ke sekolah, dia bisa melalui masa transisi materi dengan mudah.

Penggunaan kurikulum all-in-one ini merupakan cara yang bisa dibilang cukup mahal, namun persiapan yang diperlukan cukup mudah dan cara penggunaannya juga cukup mudah. Apabila Bunda membeli sebuah kurikulum dan pemberi kurikulumnya terakreditasi, bisa saja setelah menyelesaikan kurikulum ini, anak Bunda mendapatkan gelar tertentu.

- Belajar mandiri

Belajar mandiri adalah metode edukasi yang melihat anak sebagai orang yang memiliki kemandirian untuk belajar sesuai caranya sendiri. Metode ini membantu anak mengembangkan percaya diri, visi, dan kebebasan untuk berdiskusi. Anak biasanya akan memilih proyek atau minat yang akan dia pelajari.

Masih ada satu metode lagi Bunda, simak terus ya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading