Sukses

Parenting

Metodologi yang Digunakan dalam Rumah Belajar atau Homeschool (I)

Metodologi yang digunakan dalam rumah belajar atau homeschool ada banyak sekali Bunda. Apa sajakah itu?

Seperti dilansir dari laman en.wikipedia.org, banyak keluarga dengan berbagai macam alasannya untuk memilih homeschool memilih metode edukasi yang berbeda-beda. Hal ini menggambarkan bahwa dalam pendidikan itu banyak sekali filosofi dan juga paradigma yang berbeda-beda.

Berikut ini daftar metodologi yang biasa digunakan beserta deskripsi singkatnya:

- Gerakan pendidikan klasik

Metodologi berdasarkan kebudayaan barat, yang menggunakan framework (kerangka sistematis dan mudah diingat) untuk mengajar semua jenis ilmu pengetahuan manusia. Metodologi ini menggunakan studi tentang seni liberal dan juga ilmu pengetahuan secara luas, yang biasanya berlawanan dengan program praktis yang diterapkan pada umumnya.

- Pendidikan Charlotte Mason

Metodologi berdasarkan salah satu pendidik dari Inggris, Charlotte Maria Shaw Mason, yang menggunakan prinsip bahwa edukasi harus berdasarkan nilai-nilai kehidupan. Metodologi ini tidak menggunakan buku panduan dengan bahasa yang kaku, tapi menggunakan buku yang hidup, yaitu buku mengenai sebuah topik yang ditulis secara mendalam dan menarik oleh seseorang.

- Pendidikan Montessori

Metodologi yang dikembangkan oleh salah satu pendidik dari Italia, Maria Montessori, yang mengutamakan perkembangan kemandirian, kebebasan bertanggung jawab, dan juga penghargaan terhadap fisik, psikologis, dan sikap sosial anak. Salah satu ciri utama pendidikan ini adalah kelas yang dicampur, mulai dari anak berumur 2,5 tahun sampai 6 tahun.

Masih ada metodologi yang lain Bunda, simak terus ya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading