Sukses

Parenting

Bagaimana Sejarah Munculnya Rumah Belajar atau Homeschool? (V)

Di artikel sebelumnya telah diulas sejarah tentang dua orang tokoh yang berperan dalam gerakan rumah belajar atau homeschool, yaitu Raymon dan Dorothy Moore. Kali ini, akan diulas tentang tokoh-tokoh lain yang juga berperan dalam sejarah homeschool.

Seperti dilansir dari en.wikipedia.org, setelah buku karangan Raymon dan Dorothy Moore terbit, muncul buku-buku lain yang juga membahas homeschool dan juga membahas keefektifan sekolah umum formal. Buku-buku tersebut adalah Deschooling Society yang ditulis oleh Ivan Illich dan terbit pada tahun 1970, kemudian No More Public School karangan Harold Bennet yang terbit pada tahun 1972.

Pada tahun 1976, seorang pendidik dan penulis dari Amerika bernama John Holt menulis sebuah buku yang berjudul Instead of Education; Ways to Help People Do Things Better.

Setelah menulis buku itu, John Holt melakukan sebuah aksi yaitu menyuruh anak-anak untuk kabur dari sekolah formal agar mereka belajar saja di rumah. Setelah melakukan aksinya tersebut, akhirnya banyak orang tua yang setuju dengannya dan banyak yang mulai menerapkan homeschool.

Kemudian pada tahun 1977 John Holt menulis sebuah buku lagi yang berjudul Growing Without Schooling. Pada tahun 1981, dia menulis buku lagi dengan judul Teach Your Own.

John Holt dan Moore bersaudara melihat homeschool sebagai aspek kehidupan yang alami karena anak dan anggota keluarga yang lain saling berinteraksi satu sama lain.

Itulah Bunda sejarah tentang homeschool. Tertarikkah Bunda untuk menerapkannya?


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading