Sukses

Parenting

Bagaimana Sejarah Munculnya Rumah Belajar atau Homeschool? (III)

Di artikel sebelumnya telah diulas salah satu tokoh yang berperan dalam sejarah rumah belajar atau homeschool yaitu Rousas John Rushdoony. Kali ini akan diulas dua tokoh yang juga berperan penting dalam sejarah homeschool, Raymon dan Dorothy Moore.

Seperti dilansir dari laman en.wikipedia.org, penelitian yang dilakukan Raymon dan Dorothy Moore berfokus pada perkembangan otak dan mental anak saat gerakan Early Childhood Education ini diberlakukan.

Hasil penelitian dua ahli tersebut menegaskan bahwa sekolah formal yang diberikan kepada anak di bawah usia 8 tahun itu sangat tidak efektif. Kemudian, sekolah formal yang terlalu dini juga berdampak buruk bagi akedemis, sosial, mental, dan psikologis anak.

Mereka berdua menunjukkan berbagai macam bukti bahwa masalah anak-anak seperti kenakalan anak, rabun jauh, peningkatan pendaftaran siswa di kelas khusus (kelas yang dibuat untuk anak cacat), dan masalah perilaku anak disebabkan oleh pendidikan yang terlalu dini.

Mereka berdua menunjukkan sebuah studi bahwa anak yaitm piatu yang diasuh oleh seorang “Ibu pengganti” ternyata dapat tumbuh dengan lebih pintar, dan juga lebih superior dalam jangka waktu yang lebih lama, meskipun Ibu pengganti tersebut tidak lebih pintar daripada guru-guru yang mengajar di sekolah formal.

Mereka juga menunjukkan bukti bahwa anak-anak di Afrika yang memiliki Ibu yang buta huruf, ternyata memiliki sikap mental dan sikap sosial yang jauh lebih baik daripada anak-anak di Eropa yang dididik menggunakan sekolah formal.

Masih ada kisah yang lain seputar kedua tokoh ini. Simak terus ya Bun!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading