Sukses

Parenting

Bagaimana Sejarah Munculnya Rumah Belajar atau Homeschool? (II)

Di artikel sebelumnya telah diulas sejarah rumah belajar atau homeschool mulai dari abad ke-16 sampai abad ke-19. Berikut ini sejarah lanjutannya.

Seperti dilansir dari laman en.wikipedia.org, pada tahun 1960-an, seorang filsuf, sejarawan, dan teolog bernama Rousas John Rushdoony mulai menganjurkan homeschooling di Amerika Serikat. Dia berpendapat bahwa homeschooling dapat melawan sifat sekuler yang diterapkan di sekolah-sekolah umum di Amerika Serikat.

Dia dengan penuh semangat melawan teori-teori yang dikembangkan oleh reformis sekolah progresif seperti John Dewey dan Horace Mann. Dia juga mengeluarkan argumen untuk membongkar pengaruh negara Amerika Serikat dalam pendidikan anak-anak.

Argumennya tersebut dia tuangkan dalam tiga buah buku yaitu:

- Intellectual Schizophrenia (informasi mengenai pendidikan secara umum dan ringkas);
- The Messianic Character of American Education (sejarah pendidikan di Amerika Serikat dan juga kritik terhadap pendidikan di Amerika Serikat); dan
- The Philosophy of the Christian Curriculum (pernyataan mendidik yang ditujukan kepada para orang tua).

Karena pandangannya yang bagus terhadap pendidikan, Rushdoony sering dipanggil sebagai saksi ahli di pengadilan oleh Home School Legal Defense Association.

Pada jangka waktu yang sama, muncul sebuah gerakan bernama Early Childhood Education. Gerakan ini adalah gerakan pendidikan sekolah formal yang diberikan pada anak yang berusia di bawah 8 tahun.

Dua orang ahli edukasi profesional, Raymond dan Dorothy Moore memulai penelitian tentang seberapa valid gerakan ini.

Masih ada cerita lanjutannya Bunda, simak terus ya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading