Sukses

Parenting

Bagaimana Sejarah Munculnya Rumah Belajar atau Homeschool? (I)

Rumah belajar atau homeschool adalah pemberian edukasi pada anak-anak di rumah. Bagaimana awal mula ide rumah belajar ini muncul? Bagaimana sejarah tentang homeschool ini?

Seperti dilansir dari laman en.wikipedia.org, berdasarkan sejarah zaman dahulu kala, yang namanya pendidikan itu hanya bisa diperoleh orang-orang elit saja Bunda. Orang-orang yang tidak termasuk kelompok elit akhirnya mendapat ilmu dan pendidikan dari orang tua, keluarga, lingkungan sekitar, dan dari orang lain.

Pada abad ke-16, sekolah umum pertama di Eropa didirikan di distrik Gotha dan Thurungia, Jerman.

Namun, sampai abad ke-18, sekolah umum ini tidak berkembang terlalu pesat di Eropa Bunda, sehingga masih banyak sekali keluarga yang mendidik anaknya di rumah, atau bahkan tidak mendidik anak sama sekali. Perbedaan yang sangat terasa terjadi di negara Amerika.

Di Amerika bagian selatan, daerahnya kebanyakan adalah tanah yang digunakan untuk pertanian dan perkebunan, sehingga membuat sekolah formal seperti sekolah umum itu sangatlah tidak mungkin. Di Amerika bagian tengah, ada berbagai macam sekolah umum, tapi kualitasnya sangat jauh berbeda antara sekolah satu dengan sekolah yang lain.

Pada awal hingga pertengahan abad ke-19, sekolah umum dengan sistem belajar di kelas mulai berkembang di berbagai negara, terutama di negara maju. Penduduk asli Amerika, yang biasanya mendidik anaknya dengan homeschool secara tradisional, menolak perkembangan sistem sekolah umum dan juga menolak peraturan tentang wajib belajar.

Masih ada kisah lanjutannya Bunda, simak terus ya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading