Sukses

Parenting

Bagaimana Penerapan Rumah Belajar atau Homeschool di Tiap-tiap Negara? (VIII)

Di ulasan sebelumnya telah dijelaskan penerapan rumah belajar atau homeschool di Prancis. Kali ini, akan dijelaskan penerapan homeschool di Jerman.

Seperti dilansir dari laman en.wikipedia.org, status homeschool di Prancis adalah ilegal atau dilarang. Kewajiban bagi anak untuk bersekolah di sekolah formal telah ditetapkan sejak tahun 1918.

Kewajiban anak bersekolah ini ditegakkan oleh Mahkamah Konstitusi Federal Jerman. Orang tua yang tetap memaksa untuk menyekolahkan anaknya secara homeschool telah diberi berbagai macam sanksi, mulai dari denda uang ribuan euro, dipisahkan dengan anaknya, sampai sanksi penjara.

Pada tahun 2003 terdapat sebuah kasus yang disidangkan di Pengadilan Hak Asasi Eropa. Sepasang suami istri berargumen bahwa pendidikan yang diajarkan di sekolah umum Jerman tidak sesuai dengan ajaran yang dianut oleh keluarga tersebut.

Pendidikan yang menurut mereka tidak sesuai adalah edukasi seks. Mereka menganggap sikap negara Jerman tidak sesuai dengan Charter of Fundamental Rights of the European Union.

Pada tahun 2006, Pengadilan Hak Asasi Eropa menegakkan peraturan yang ditetapkan oleh negara Jerman. Alasan penegakan peraturan tersebut adalah karena orang tua tidak boleh menolak sekolah formal demi alasan keyakinan mereka.

Pengadilan Hak Asasi Eropa menyatakan bahwa sekolah formal menggambarkan kehidupan masyarakat, dan merupakan kepentingan bagi anak untuk bisa masuk ke dalam kehidupan masyarakat itu. Selain itu, sekolah formal juga mencegah terbentuknya masyarakat paralel yang dapat mengganggu kenyamanan kehidupan sosial di Jerman.

Simak penerapan homeschool di Spanyol di artikel berikutnya ya Bun!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading