Sukses

Parenting

Bagaimana Penerapan Rumah Belajar atau Homeschool di Tiap-tiap Negara? (VI)

Di ulasan sebelumnya telah dijelaskan penerapan rumah belajar atau homeschool di Republik Rakyat Cina. Berikut ini penerapannya di negara Asia yang lain.

- Hongkong

Seperti dilansir dari laman en.wikipedia.org, status homeschool di Hongkong ini tidak jelas Bunda. Pejabat resmi di Hongkong menyatakan bahwa kehadiran di sekolah formal itu wajib dan gratis bagi anak berusia 6 sampai 15 tahun.

Namun, kenyataan aslinya tidak demikian. Orang tua yang gagal mendaftarkan anaknya di sekolah formal bisa dipenjara selama 3 bulan dan diberi denda sebesar HK$ 10.000.

Biro Edukasi di Hongkong akan melakukan investigasi apabila mereka menerima laporan ada orang tua yang mendidik anaknya secara homeschool. Biasanya, Biro Edukasi melarang keluarga yang diinvestigasi untuk mendidik anak secara homeschool. Namun, terkadang Biro Edukasi malah memberikan izin homeschool pada keluarga tersebut.

- India

Status homeschool di India adalah legal. Legalitas homeschool di India sudah menjadi perdebatan yang cukup panjang antara pendidik, pembuat kebijakan, dan orang tua.

Apalagi setelah berlakunya peraturan mengenai wajib belajar bagi anak berumur 6 sampai 14 tahun. Namun setelah orang tua dan pihak-pihak pendukung homeschool membuat petisi, akhirnya homeschool dilegalkan di India.

- Taiwan

Status homeschool di Taiwan adalah legal sejak tahun 1982, dan regulasi terkait homeschool ini berlaku sejak tahun 1997.

Baca penerapan homeschool di negara-negara Eropa di artikel berikutnya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading