Sukses

Parenting

Bagaimana Penerapan Rumah Belajar atau Homeschool di Tiap-tiap Negara? (V)

Di ulasan sebelumnya telah dijelaskan penerapan rumah belajar atau homeschool di negara kita, Indonesia, dan juga di negara Asia yang lain yaitu Jepang. Kali ini, akan diulas penerapan homeschool di Republik Rakyat Cina.

- Republik Rakyat Cina

Seperti dilansir dari laman en.wikipedia.org, status homeschool di Republik Rakyat Cina adalah ilegal bagi warga Cina asli, tapi diperbolehkan apabila meminta izin sebelumnya. Sedangkan bagi warga negara asing yang tinggal di Cina, status homeschool adalah legal.

Peraturan pendidikan di Cina mengharuskan anak berumur 7 sampai 16 tahun untuk bersekolah di sekolah formal biasa. Tidak ada peraturan dan regulasi yang secara spesifik mengatur tentang homeschool, tapi homeschool boleh dilakukan apabila mendapat izin sebagai organisasi non-pemerintah.

Meskipun statusnya ilegal, banyak orang tua di Cina yang menyekolahkan anaknya secara homeschool. Dua alasan utama orang tua memilih homeschool adalah karena orang tua tidak suka dengan standar tes yang diberlakukan di sekolah umum dan orang tua ingin mendidik anak mereka secara individual.

Tidak ada data yang resmi mengenai jumlah murid homeschool di Cina, tapi berdasarkan salah satu survey, jumlah murid homeschool adalah sekitar 18.000 anak. Berdasarkan perkiraan Beijing Normal University, jumlah murid homeschool di Cina tidak sampai 1% dari seluruh anak-anak di Cina.

Para pejabat di Cina banyak yang mendukung program homeschool ini, tapi banyak juga yang melawan karena ingin semua anak bersekolah di sekolah formal saja.

Di artikel berikutnya akan diulas penerapan homeschool di negara Hongkong, India, dan Taiwan, simak terus ya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading