Sukses

Parenting

Bagaimana Penerapan Rumah Belajar atau Homeschool di Tiap-tiap Negara? (IX)

Di artikel sebelumnya telah dibahas penerapan rumah belajar atau homeschool di Jerman. Sekarang, akan dibahas penerapan homeschool di Spanyol.

Seperti dilansir dari laman en.wikipedia.org, status homeschool di Spanyol adalah legal, karena tidak ada peraturan yang mengatur homeschool.

Di satu sisi, Konstitusi Spanyol Pasal 27 membahas tentang pendidikan kompulsif dan kebebasan orang tua dalam memilih jenis pendidikan anak sesuai dengan keyakinan pribadi, moral, dan agama mereka sendiri. Di sisi lain, undang-undang pendidikan Spanyol mengatakan bahwa pendidikan kompulsif diikuti oleh anak berumur 6 sampai 16 tahun.

Pada tahun 2010, sebuah keluarga di Spanyol pergi ke Mahkamah Konstitusi Spanyol dan menyatakan bahwa undang-undang pendidikan Spanyol tersebut tidak sesuai dengan hak-hak orang tua yang tercantum di Konstitusi. Oleh sebab itu, keluarga tersebut menganggap undang-undang pendidikan tersebut melanggar hukum.

Mahkamah Konstitusi Spanyol membuat keputusan bahwa undang-undang pendidikan Spanyol tersebut sesuai dengan aturan. Namun, Mahkamah Konstitusi Spanyol akan mengganti sebagian aturan di Spanyol, agar homeschool menjadi legal dan diperbolehkan di masa depan.

Pada tahun 2009, pemerintah Catalonia mengganti hukum pendidikan sehingga homeschool merupakan pilihan yang layak dan diperbolehkan. Namun, regulasi aturan baru tersebut belum berkembang.

Oleh karena itu, hukum baru di Catalonia tersebut hanya merujuk ke anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus, dan juga ke anak-anak yang tidak bisa pergi ke sekolah biasa karena alasan tertentu.

Simak penerapan homeschool di Swedia di artikel selanjutnya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading