Sukses

Parenting

Bagaimana Penerapan Rumah Belajar atau Homeschool di Tiap-tiap Negara? (III)

Di ulasan sebelumnya telah dijelaskan penerapan rumah belajar atau homeschool di Argentina dan Kanada. Masih ada dua negara Amerika lagi yang akan dibahas, yaitu Brazil dan Amerika Serikat.

- Brazil

Seperti dilansir dari en.wikipedia.org , status homeschool di Brazil adalah ilegal alias dilarang Bun. Pada tahun 2010, ibu yang berasal dari Brazil dan ayah yang berasal dari Amerika diinvestigasi oleh pemerintah kota Serra Negra, San Paulo karena mereka mendidik anak mereka dengan cara homeschool.

Pemerintah kota tersebut mendapatkan informasi bahwa kedua putri dari pasangan suami istri tersebut terlihat tidak pernah pergi ke sekolah. Kementerian Publik akhirnya membuat kesepakatan dengan pasangan suami istri tersebut agar mereka mau menyekolahkan anak mereka di sekolah formal seperti anak-anak lain.

Di Brazil, anak berusia 4 sampai 17 tahun wajib mengikuti pendidikan formal di sekolah.

- Amerika Serikat

Status homeschool di Amerika Serikat adalah legal. Berdasarkan data statistik yang dibuat oleh National Center for Education Statistics, pada tahun 2007 jumlah murid homeschool adalah 1,5 juta.

Hal tersebut merupakan peningkatan yang cukup drastis. Pada tahun 1999, jumlah murid homeschool adalah 850.000, sedangkan pada tahun 2003, jumlahnya adalah 1,1 juta. Kebanyakan murid homeschool mendapatkan pendidikannya secara penuh di rumah, tapi ada sebagian kecil murid homeschool yang juga belajar di sekolah publik kurang lebih 25 jam per minggu.

Di artikel berikutnya akan diulas penerapan homeschool di Asia, termasuk Indonesia. Simak terus ya Bunda!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading