Sukses

Parenting

Bagaimana Penerapan Rumah Belajar atau Homeschool di Tiap-tiap Negara? (II)

Di artikel sebelumnya telah diulas penerapan rumah belajar atau homeschool di negara Kenya dan Afrika Selatan. Kali ini, akan diulas penerapannya di negara-negara di Amerika.

- Argentina

Seperti dilansir dari en.wikipedia.org, status homeschool di Argentina bersifat legal. Di negara ini tidak ada peraturan yang melarang anak untuk homeschool, tapi tidak ada juga aturan yang mengatur homeschool secara spesifik. Orang tua di Argentina memiliki tanggung jawab memberi pendidikan yang layak kepada anaknya dan hal itu bisa dilakukan dengan menyekolahkan anak di sekolah formal biasa atau menyekolahkan anak secara homeschool.

- Kanada

Status homeschool di Kanada adalah legal. Sekitar 1 sampai 2% anak di Amerika Utara mendapatkan edukasi dengan cara homeschool. Di antara 1 sampai 2% tersebut, terdapat warga negara Kanada sebanyak 60.000 anak.

Pada tahun 1995, jumlah anak yang dididik dengan cara homeschool dan sudah terdaftar di Kanada ada sekitar 10.000 anak. Apabila anak yang tidak terdaftar ikut dihitung, diperkirakan ada sekitar 20.000 anak yang menerapkan homeschool. Jumlah tersebut jika dihitung adalah 1% dari seluruh anak di Kanada.

Pada bulan April tahun 2005, jumlah murid homeschool yang berada di provinsi British Columbia adalah 3.068 anak. Pada tahun 2006, jumlah murid homeschool yang berada di provinsi Manitoba ada lebih dari 1.500 anak.

Di artikel berikutnya akan diulas penerapan homeschool di Brazil dan Amerika Serikat. Simak terus ya Bun!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading