Sukses

Parenting

Apakah Rumah Belajar atau Homeschool Itu? (II)

Di artikel sebelumnya telah diulas pengertian rumah belajar atau homeschool. Berikut ini lanjutannya Bun.

Seperti dilansir dari laman en.wikipedia.org, homeschool bisa dijadikan pilihan apabila keluarga Bunda berada di daerah pedesaan yang terpencil dan jauh dari sekolah umum dan privat. Homeschool juga bisa dijadikan pilihan apabila keluarga Bunda tinggal di luar negeri untuk sementara. Kebanyakan artis dan atlit olahraga juga menggunakan homeschool.

Homeschool merupakan pilihan yang baik dalam mendidik anak, terutama jika menggunakan guru pembimbing. Guru pembimbing akan jauh lebih mudah mengajarkan berbagai macam mata pelajaran karena guru pembimbing hanya menangani 1 anak saja.

Di Amerika Serikat, popularitas homeschool meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 1999, persentase anak dengan umur 5 sampai 17 tahun yang memilih menggunakan homeschool adalah 1,7%. Pada tahun 2007, persentase anak yang memilih menggunakan homeschool adalah 2,9%.

Homeschool juga bisa digunakan sebagai edukasi tambahan bagi anak, terutama untuk mata pelajaran tertentu. Misalnya anak bersekolah di sekolah dasar yang kualitasnya kurang bagus, dia bisa memperoleh tambahan ilmu menggunakan homeschool.

Homeschool juga bisa diartikan sebagai pembelajaran jarak jauh. Contoh yang paling umum adalah sekolah secara online, jadi cukup bertemu dengan guru dan teman-teman sekelas menggunakan koneksi internet, tanpa perlu ke sekolah.

Di beberapa negara, dibentuk kurikulum khusus apabila seorang anak memilih untuk menggunakan homeschool.

Tertarik tidak mendidik anak menggunakan homeschool, Bunda?


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading