Sukses

Parenting

Apakah Rumah Belajar atau Homeschool Itu? (I)

Apabila Bunda memiliki anak yang sudah berumur 5 atau 6 tahun, sudah waktunya anak untuk bersekolah. Nah, mungkin Bunda ingin mencoba rumah belajar atau homeschool sebagai pengganti sekolah biasa. Apakah homeschool itu?

Seperti dilansir dari laman en.wikipedia.org, homeschool atau bisa juga disebut homeschooling, home education, atau home based learning adalah pemberian edukasi pada anak-anak di rumah yang bisa dibimbing oleh orang tua atau guru pribadi, tanpa mendaftarkan anak ke sekolah umum atau ke sekolah privat.

Di negara-negara maju, homeschool adalah sebuah alternatif yang wajar untuk digunakan oleh banyak orang tua, karena banyak orang tua beranggapan bahwa edukasi di masa kanak-kanak lebih banyak terjadi di rumah dan di lingkungan keluarga. Homeschool adalah pilihan yang legal dan diperbolehkan di berbagai negara.

Ada berbagai alasan yang diberikan oleh orang tua mengapa mereka memilih homeschool daripada sekolah umum atau sekolah privat.

Tiga alasan utama orang tua di Amerika Serikat menggunakan homeschool adalah khawatir dengan lingkungan sekolah umum dan privat, orang tua dapat mendidik moral dan mendidik agama anak dengan lebih mudah, kemudian yang terakhir adalah ketidakpuasan dengan ilmu akademis yang diberikan di sekolah umum dan sekolah privat.

Homeschool juga mungkin dipilih karena sesuai dengan gaya mendidik anak dan gaya mengasuh anak bagi orang tua tersebut.

Simak ulasan mengenai homeschool di artikel berikutnya Bun!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading