Sukses

Parenting

Apakah Benar Rumah Belajar atau Homeschool Lebih Baik dari Sekolah Biasa? (I)

Berbagai macam studi tentang perbandingan rumah belajar atau homeschool dengan sekolah biasa telah banyak dilakukan. Hasil studi tersebut mengatakan bahwa rata-rata murid homeschool lebih baik dari murid sekolah biasa.

Seperti dilansir dari laman en.wikipedia.org, hasil studi-studi tentang perbandingan homeschooling dan sekolah biasa dikompilasi menjadi sebuah buku berjudul Homeschooling Achievement. Buku tersebut diterbitkan oleh Home School Legal Defense Action. Buku tersebut berisi ringkasan hasil studi yang dilakukan Ray tahun 1997 serta studi yang dilakukan Rudner tahun 1999.

Studi yang dilakukan Rudner memiliki keterbatasan, yaitu studi yang dia lakukan tidak dapat menggambarkan homeschool secara keseluruhan, dan studinya tidak membandingkan homeschool dengan metode sekolah yang lain.

Berdasarkan studi tersebut, yaitu berupa tes yang diikuti oleh murid-murid homeschool dan murid-murid sekolah biasa, rata-rata murid homeschool mengungguli murid sekolah biasa sebesar 30 hingga 37 poin di semua mata pelajaran.

Studi tersebut juga mengindikasi bahwa perbedaan poin yang cukup jauh di antara murid-murid sekolah biasa, entah karena perbedaan gender atau perbedaan lain, tidak terjadi di murid-murid homeschool. Jadi, baik itu laki-laki, perempuan, ataupun anak yang cacat sama-sama menghasilkan poin yang tinggi ketika menjalankan tes.

Namun, Rudner menegaskan bahwa ada sebagian murid dari sekolah biasa yang menghasilkan poin lebih tinggi dari murid-murid homeschool. Sebagian murid sekolah biasa tersebut bisa mengungguli murid homeschool karena mereka memiliki orang tua yang berdedikasi mengajar mereka ketika berada di rumah.

Masih ada lagi informasi mengenai studi homeschool ini, simak terus ya Bunda!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading