Sukses

Parenting

Perawatan Tali Pusar: Ketika Tali Pusar Terlalu Panjang

Tali pusar bayi yang terlalu pendek dapat menimbulkan masalah pada si jabang bayi. Begitu pula dengan tali pusar yang terlalu panjang. Bagaimana perawatan tali pusar bayi yang terlalu panjang?

Bayi normalnya memiliki tali pusar sepanjang 12.5 inchi. Namun, jika buah hati anda memiliki tali pusar yang lebih panjang dari ukuran tersebut—bahkan hingga mencapai 27.5 inchi, maka tali pusar bayi anda dikategorikan terlalu panjang.

Pada umumnya, tali pusar yang terlalu panjang tidak mengindikasikan adanya kelainan. Namun akan menjadi masalah jika tali pusar yang terlalu panjang tersebut berbentuk lilitan yang cukup rapat. Hal ini dapat menghambat kelancaran aliran darah dan nutrisi menuju bayi.

Selain itu, tali pusar yang terlalu panjang dapat meningkatkan resiko fetus terlilit di dalam tali pusar. Namun, kasus fetus terlilit tali pusar adalah kasus yang jarang terjadi dan dapat diatasi dengan segera ketika proses persalinan berlangsung.

Seperti dilansir dari laman suite101.com, tali pusar bayi yang terlalu panjang merupakan indikasi bayi hiperaktif. Pasalnya, tali pusar yang seharusnya berukuran normal mengalami perpanjangan karena pergerakan janin yang berlebihan di dalam rahim ibu.

Tali pusar bayi yang terlalu panjang dianggap sebagai masalah yang cukup “aman” dibandingkan kasus tali pusar yang terlalu pendek. Namun, dokter harus tetap waspada dengan keabnormalan ukuran tali pusar tersebut.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading