Sukses

Parenting

Perawatan Tali Pusar: Mengenal Panjang Tali Pusar

Seberapa panjang tali pusar bayi anda sebelum dipotong? Hmmm berapa ya? Sebagian besar dari anda mungkin baru tahu tali pusar buah hati anda ketika sudah dipotong dan kemudian anda melakukan perawatan tali pusar hingga terlepas dari pusar.

Pada umunya, panjang tali pusar bayi adalah 0 sampai 300 sentimeter. Diameternya 3 sentimeter. Tali pusar umumnya berbentuk spiral, dengan jumlah spiral sebanyak kurang lebih 380. Namun rata-rata bayi memiliki tali pusar sepanjang 55 sentimeter dengan diameter sebesar 1-2 sentimeter saja. Sedangkan jumlah spiral hanya sebanyak 11 spiral saja.

Seperti dilansir dari laman emedicine.medscape.com, sekitar 5 persen kelahiran bayi memiliki tali pusar yang berukuran lebih pendek dari 35 sentimeter dan 5 persen bayi yang lahir dengan tali pusar yang lebih panjang dari 80 sentimeter.

Panjang tali pusar bayi dipercaya mengindikasikan bagaimana pergerakan janin di dalam rahim.

Bayi yang memiliki tali pusar yang pendek mencerminkan kelainan pergerakan fetus dan keterbatasan intrauterine. Tali pusar yang lebih pendek daripada ukuran normal biasanya membuat ibu tidak bisa melahirkan secara normal.

Sebaliknya, tali pusar yang terlalu panjang beresiko menyebabkan fetal entanglement alias janin yang terbelit tali pusar, true knots, dan thrombi.

Selain tali pusar yang terlalu panjang atau pendek, tali pusar yang terlalu lurus dengan sedikit spiral dikaitkan dengan adverse fetal outcomes.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading